5 Konsep Berpesta Jokowi dan Ahok

No comments
Mata Dunia Lain -
[lihat.co.id] - Nuansa kerakyataan dan ajang budaya nan kental menjadi konsep HUT ke-486 Jakarta andalan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Mereka ingin warga Ibukota tidak perlu merogoh kocek saat merayakannya.

Pencanangan hari jadi Ibukota yang jatuh tiap tanggal 22 Juni itu ditandai dengan aksi Jokowi memukul kentungan di kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Cakung,
Jakarta Timur, pada Minggu 2 Juni 2013. "Tung..tung..tung.." Jokowi berharap perayaan ini mampu mendinginkan Jakarta Berikut 5 Konsep Berpesta Jokowi dan Ahok seperti dirangkum lihat.co.id dan news.detik

1. PRJ Gratis
PRJ Gratis
[lihat.co.id] - Event tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) seharusnya tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan masyarakat menengah ke atas. Pemprov DKI berharap agar acara yang juga dikenal dengan sebutan Jakarta Fair itu bisa digelar secara merakyat dengan tidak memungut biaya masuk.

"Pada dasarnya, Gubernur (Jokowi) kan nggak ingin PRJ terlalu elite dan tidak bayar. Kalau sekarang yang bisa masuk Jakarta Fair hanya kalangan atas, yang kalangan bawah kan tidak menikmati HUT DKI," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat,

Oleh karenanya, agar masyarakat bawah bisa ikut merayakan HUT DKI, mulai tahun ini Pemprov DKI akan menggelar beragam acara yang sifatnya bebas biaya masuk.

"Mulai tahun ini mulai kita susun. Ada festival rakyat di mana-mana, mau ada <i>car free night</i> dan lainnya. Jadi kalau JIExpo pameran, silakan pameran saja. Kita punya konsep sendiri yang sifatnya kerakyatan," kata Ahok.

Ahok pun menegaskan, rencana tersebut bukan bertujuan untuk menggeser event PRJ. Namun murni untuk menghibur warga dalam merayakan hari ulang tahun DKI.

PRJ yang diadakan menandai HUT Jakarta yang jatuh pada 22 Juni tiap tahun, dilaksanakan selama 1 bulan. Tahun ini diadakan di JIExpo pada 6 Juni-7 Juli 2013. PRJ di JIExpo menarik tiket masuk tahun ini Rp 25 ribu untuk hari biasa dan Rp 30 ribu untuk akhir pekan.

PRJ tahun ini mungkin terakhir kalinya diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. "Bisa aja pindah ke Monas, yang penting kerakyatannya harus muncul," kata Jokowi ketika ditanya mengenai wacana  pemindahan lokasi PRJ tahun 2014 usai meresmikan

Pencanangan HUT ke-486 Jakarta di kawasan PerkampunganIndustri Kecil (PIK) Cakung, Jakarta Timur Yang diberi peluang itu usaha-usaha mikro  imbuhnya.

2. Car Free Night
Car Free Night
[lihat.co.id] - Car free night akan diterapkan saat ulang tahun ke-486 pada 22 Juni 2013.
Memberikan sesuatu kepada masyarakat,
masyarakat bisa menikmati, memberikan hiburan yang gratis dan mendinginkan kota. Yang paling penting ya mendinginkan kota," ujar Jokowi di Gedung Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat,

Jokowi mengatakan Pemprov DKI sudah mempersiapkan acara perayaan ini sejak berbulan-bulan yang lalu Pokoknya berbeda, kita ingin ultahnya kali ini miliknya masyarakat, bukan hanya miliknya Pemprov, milik golongan tertentu tapi miliknya masyarakat," lanjutnya.

Jokowi memberi sedikit bocoran, nanti akan ada car free night pada malam hari di Jalan Sudirman-Thamrin seperti tahun baru 2013 kemarin Ya acaranya di DKI ada, di wilayah ada. Wisata Sudirman-Thamrin ada, di Monas ada, semua ada. Kalau sudah keluar jadwal nanti disampaikan," kata Jokowi.

3. Pentas Ariah 3 Hari
[lihat.co.id] - Pemprov DKI menggarap serius perayaan ulang tahun ke-486 Jakarta pada 22 Juni mendatang. 35 Rangkaian acara sudah dipersiapkan. Selain itu ada juga pagelaran seni tari selama tiga hari penuh di Monas.

Yang baru dari tahun ini yakni pagelaran drama tari Ariah selama 3 hari," kata Ketua Harian acara HUT Jakarta Sylviana Murni dalam jumpa pers sosialisasi logo dan tema serta rangkaian kegiatan HUT ke-486 Kota Jakarta di Ruang Tempo Doeloe, Balai Kota, Jakarta,

Drama ini bercerita tentang seorang tokoh perempuan Betawi bernama Ariah. Perempuan ini hidup di zaman Belanda dan berjuang demi harkat dan martabat bangsa. Ariah ini adalah tokoh perempuan Betawi. Mirip-mirip Si Manis Jembatan Ancol," lanjutnya.

Drama tari ini akan digelar mulai tanggal 28 Juni sampai 30 Juni 2013 di sisi selatan Monas. Drama ini hasil kolaborasi produser Atilah Suryajaya, Jay Subiyakto selaku penata artistik dan Erwin Gutawa sebagai penata musik Kita akan membagikan 7.000 tiket drama gratis untuk masyarakat," ujar mantan wali kota Jakarta Pusat.

Selain drama tari, masih ada 35 rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dari tanggal 2 Juni hingga 3 Juli 2013. Pencanangan HUT Kota Jakarta akan dilakukan pada hari Minggu, tanggal 2 Juni di kawasan PIK Pulo Gadung, Jakarta Timur Pencanangan ini akan dilakukan secara serempak di 5 wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu," pungkasnya.

4. Tanpa Jamuan Makan Malam
Tanpa Jamuan Makan Malam
[lihat.co.id] - Jokowi maupun Ahok meniadakan acara jamuan makan malam saat HUT Jakarta. Mereka lebih memilih makan bersama rakyat Konsepnya yang pasti kerakyatan. Pak Gubernur tolak semacam jamuan makan malam dengan para Dubes dan segala macam. 
Pak Gub nggak mau, maunya jamuan makan malam sama rakyat rame-rame. Intinya belum diputuskan," kata Ahok di Gedung Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat,

Menurut Ahok, Jokowi berharap HUT Jakarta bisa dinikmati warganya. Panitia penyelenggara diminta mewujudkan impian itu Nah...itu yang harus diterjemahkan. Panitia terjemahkan konsep itu agar bisa dinikmati warga DKI dan warga harus bisa menikmati," ujar Ahok.

Ayah 3 anak ini menambahkan perbaikan terus dilakukan seperti penambahan toilet dan lokasi harus lebih bersih dari sampah HUT Jakarta juga akan dimeriahkan musikal Betawi. "Nidji juga ada," kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Ahok menambahkan Jokowi enggan fotonya 'bertaburan' saat acara nanti. "Tadi Pak Gubernur tanya, dia juga nggak suka kumpul-kumpul semua ada foto beliau. Beliau meledek, foto Pak Wagub saja," ujar Ahok sambil tersenyum.

Terus Bapak mau? "Enak aja," jawab Ahok singkat.
Ahok tidak akan menyumbangkan suara alias bernyanyi saat hajatan itu. "Waduh itu kelemahan saya, kamu ungkap-ungkap," kata Ahok ramah.

Selain itu, Ahok berharap lurah maupun camat hasil lelang jabatan dapat dilantik sebelum HUT Jakarta. "Kalau kita lihat jadwalnya Juni sudah selesai dan Juni juga ada ultah Pak Gub," kata Ahok.

5. Kado 'Cantik'
Kado Cantik
[lihat.co.id] - HUT ke-486 Jakarta jatuh 22 Juni 2013. Jauh hari, Jokowi menyiapkan kado spesial yang bakal dipersembahkan di hari jadi Kota Metropolitan itu. Jokowi meminta seluruh jajarannya bekerja keras menyiapkan hadiah ulang tahun itu.

"Saya hanya minta hadiah ulang tahun yang ke-486, yang menjadi tanggung jawab Bapak Ibu semuanya untuk bisa dikerjakan sebelum ulang tahun Jakarta 22 Juni, bisa diselesaikan," kata Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi usai rapat koordinasi penanganan kebersihan dan keindahan prasarana jembatan, jalan layang, fly over dan underpass dalam rangka HUT ke-486 DKI Jakarta di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rapat itu dihadiri antara lain jajaran PT KAI, Jasa Marga, dan PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ), dan PT Jakpro.

Jokowi meminta fasilitas jalan hingga taman kota di Jakarta dipercantik. "Kalau seperti ini semua fly over, underpass, elevated train juga kondisinya seperti ini ya suram. Masa depannya juga bisa suram sehingga saya minta hadiah ulang tahun semuanya dicat," papar ayah 3 anak ini.

Menurut Jokowi, pengecatan juga jangan dilakukan serampangan. "Catnya hati-hati. Kalau kemarin ada biru putih, ada ijo, putih. Kalau mau warna itu kayak di Jepang atau kayak di Pancoran itu bagus. Kalau semua tol, tol fly over yang kelihatan berubah. Yang nggak punya fly over, underpass, taman, saya minta langsung diturutin gitu aja," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi titip agar batu alam penghias jalan dibiarkan alami, tidak perlu dicat.
"Kalau ada beton ekspos, batu candi, ada granit, jangan dicat. Batu granit bagus-bagus, batu ekspos bagus-bagus, dicat seperti ini, di bawah tol kita hampir semuanya kayak gini gimana? Saya minta hadiah ulang tahun, sebelum ulang tahun bisa," ujar pria asli Solo ini.

Related Posts: 5 Konsep Berpesta Jokowi dan Ahok

No comments: 5 Konsep Berpesta Jokowi dan Ahok

Blog Archive