7 Film Terbaik yang Berdasarkan Kisah Nyata

No comments
Mata Dunia Lain - Berikut 7 Fil  Terbaik yang Berdasarkan Kisah Nyata
seperti dilansir lihat.co.id dan berbagai sumber

1. Into The Wild
[lihat.co.id] - Into the Wild adalah sebuah film drama Amerika tahun 2007 petualangan Christopher McCandless. Film ini disutradarai oleh Sean Penn yang sekaligus menulis naskah di film ini.

Christopher McCandless (Emile Hirsh), seorang mahasiswa cerdas, baru saja lulus dari Emory University. Mungkin saja dia bisa melanjutkan ke Harvard dengan didukung tabungan yang dimilikinya. Namun, keadaan dan perilaku keluarganya yang menjengkelkan baginya membuatnya ingin mengasingkan diri.

Akhirnya dia pergi dan mencoba berbaur dengan alam dan mengalami sendiri bagaimana ia masuk ke dalam liarnya dunia. Dia sudah muak dengan tingkah kelompok-kelompok manusia. Berkelana ke utara sampai ke Alaska adalah tujuan untuk melampiaskan nafsunya. Tanpa uang, tanpa peta, tanpa jam tangan. 
Petualangan yang dialaminya bukan petualangan sembarangan. Selama perjalanan, McCandless atau yang mempunyai nama petualang Alexander Supertramp, bertemu berbagai manusia beserta sifat-sifatnya.

2. The Motorcycles Diaries
[lihat.co.id] - The Motorcycle Diaries adalah film biografi berbahasa Spanyol tahun 2004 yang disutradarai oleh Walter Salles. Film yang temanya diangkat dari buku catatan harian Guevara dan Granado ini menceritakan perjalanan Ernesto "Che" Guevara (yang kemudian terkenal sebagai seorang revolusioner Marxisme) muda dan sahabatnya Alberto Granado di wilayah Amerika Selatan.

Sebelum Ernesto menyelesaikan gelar kedokterannya, dia dan sahabatnya Alberto, usianya lebih tua, meninggalkan Buenos Aires untuk bepergian di sepanjang wilayah Amerika Selatan mencari kesenangan dan petualangan, hingga mencapai tujuan terakhir Venezuela. Sarana transportasi mereka berupa motor Norton 500 Alberto yang butut dan telah bocor yang dijuluki La Poderosa ("Si Perkasa") oleh mereka.

Selama dalam perjalanan mereka menemukan banyak wilayah yang dilanda penderitaan dan kemiskinan. Contohnya ketika mereka sedang bersukarela di kawasan penderita kusta di sebelah utara Peru, atau tatkala berhadapan dengan si pemilik tanah yang merampas tanah sepasang suami-istri. Pengalaman tersebut mengubah pandangan Guevara melihat dunia yang dia pikir makin tidak adil.

Perjalanan mereka menghabiskan waktu lebih dari setahun dengan jarak yang ditempuh lebih dari 12.000 km, dari Argentina melewati Chili, Peru dan Kolombia hingga ke Venezuela.

3. The Sea Insid
[lihat.co.id] - The Sea Inside adalah sebuah film Spanyol tahun 2004 yang disutradarai oleh Alejandro Amenabar. Film yang berdasarkan kisah nyata ini dibintangi oleh Javier Bardem yang memerankan tokoh Ramon Sampedro, 
seorang nelayan asal Galicia, Spanyol, yang bagian bawah tubuhnya lumpuh akibat kecelakaan sewaktu menyelam. Ramon kemudian berkampanye selama 30 tahun untuk mendukung aksi eutanasia dan hak mengakhiri hidupnya.Pada Piala Oscar ke-77, film ini meraih penghargaan pada kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. 
Penghargaan untuk kategori yang sama juga diraih pada Golden Globe 2004. Sedangkan pada Penghargaan Goya, The Sea Inside meraih 14 gelar diantaranya Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik dan Skenario Asli Terbaik.

4. The Pianist
[lihat.co.id] - The Pianist adalah sebuah film yang diproduksi pada tahun 2002 yang disutradarai oleh Roman Polanski dengan bintang utama Adrien Brody yang berperan sebagai Wladyslaw Spilzman. Film ini diinspirasi dari sebuah memoir karangan Wladyslaw Spilzman, seorang pianis Yahudi Polandia.

Film ini juga mendapatkan anugerah Palme d'Or di Festival Film Cannes. Dan juga mendapatkan Penghargaan Oscar. Wladyslaw Szpillman (diperankan oleh Adrein Brodi) adalah pianist yang bermain di Polish Radio. 
Pada tahun 1939 Szpillman yang orang yahudi ditempatkan di penjara yahudi. Setelah beberapa kali sembunyi, dalam keadaan kelaparan akhirnya ia bertemu dengan fans-nya, Dorota (Emilia Fox). Szpillman pun disembunyikan di sebuah rumah oleh Dorota dan suaminya.
Namun perjuangan hidupnya terus berlanjut saat bombardirsemakin brutal dan Szpillman terus berusaha melarikan diri.

5. The Insider
[lihat.co.id] - Michael Mann tertarik mengangkat sebuah kisah nyata dalam film drama thriller-nya yang berjudul The Insider" pada tahun 1999. Dibintangi oleh banyak bintang papan atas Hollywood, film ini menceritakan tentang kisah nyata seorang mantan eksekutif perusahaan rokok, Jeffrey Wigand (dipeankan oleh Russell Crowe). 
Pada intinya film ini mengisahkan kegagalan penayangan program televisi "60 Minutes" dari stasiun televisi CBS yang menampilkan wawancara dengan Jeffrey Wigand yang hendak membongkar kecurangan industri rokok terutama perusahaan rokok 
Brown & Williamson (B&W), bekas tempat kerjanya dulu. Akibat kegagalan tersebut, integritas dari jurnalisme CBS pun runtuh.

6. Schindler's List
[lihat.co.id] - Schindler's List adalah film 1993 berdasarkan novel Schindler's Ark karya Thomas Keneally, yang diterbitkan di Amerika Serikat dengan judul Schindler's 
List dan kemudian diedarkan kembali di negara-negara Persemakmuran dengan judul itu pula. Filmnya, yang diadaptasi oleh Steven Zaillian dan disutradarai oleh Steven Spielberg, mengisahkan riwayat Oskar Schindler, seorang pengusaha Katolik Jerman yang berperan dalam.
menyelamatkan nyawa lebih dari seribu orang Yahudi Polandia pada masa Holocaust. Judulnya merujuk kepada daftar nama dari 1.100 orang Yahudi yang dipekerjakan Schindler di pabriknya dan karenanya tidak dikirim ke kamp-kamp konsentrasi.

7. October Sky
[lihat.co.id] - Film yang diangkat dari kisah nyata ini, di sutradarai oleh Joe Johnston. Dengan pemain yang tak asing lagi bagi saya, seperti Jake Gyllenhaal (Inception, The Day After Tommorow, Source Code, Prince Of Persian), Chris Cooper (The Bourne Identity, The Company Men) dan Laura Dern (I Am Sam).

Dilatarbelakangi oleh peluncuran satelit pertama dalam sejarah umat manusia, Sputnik, pada bulan Oktober 1957. Siswa kelas 3 SMA terdorong untuk meluncurkan satelit buatannya sendiri. Pembuatan roketnya tidak berjalan mulus seperti yang mereka bayangkan. Banyak sekali percobaan-percobaan yang mereka lakukan. Roket tidak meluncur, roket meledak, bahkan sampai roketnya membuat kebakaran hutan. Tapi itu bukan masalah utamanya.
Masalah utamanya adalah mereka tidak di ijinkan oleh orangtuanya untuk membuat roket. Orangtua mereka berharap mereka menjadi penambang batu bara seperti keluarganya.Namun, berkat usaha dan kerja keras bersama rekannya, Homer berhasil mengikuti Lomba Sains Nasional. Dan menjadi pemenang urutan pertama dalam lomba tersebut. Dengan demikian, mereka mendapatkan beasiswa untuk kuliah.

Related Posts: 7 Film Terbaik yang Berdasarkan Kisah Nyata

No comments: 7 Film Terbaik yang Berdasarkan Kisah Nyata

Blog Archive