6 Jenis Zat Berbahaya yang terdapat dalam Produk Kecantikan

No comments
Mata Dunia Lain -
Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Penggunaan produk perawatan dan penataan rambut seperti shampo, kondisioner, serum , mousse atau hairspray pun kerap digunakan untuk mendapatkan tampilan rambut yang menarik.

Namun yang perlu dicermati, beberapa produk rambut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Dr. Nipun Jain, Senior Consultant in Dermatology dari Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, menyarankan agar selalu membaca label pada kemasan terlebih dahulu sebelum membeli produk. Seperti dikutip dari Times of India, ini daftar zat kimia pada produk rambut yang sebaiknya dihindari.

1. Isopropyl alcohol
Isopropyl alcohol
[lihat.co.id] - Bahan pelarut ini biasa ditemukan pada produk pewarna rambut dan lotion. Jika terlalu sering terhirup bisa menyebabkan pusing, sakit kepala dan mual.

2. Propylene glycol
Propylene glycol
[lihat.co.id] - Zat ini umumnya digunakan sebagai bahan dasar pada shampo dan conditioner. Propylene glycol mudah meresap ke dalam kulit dan bisa mengikis protein pada kulit. Penggunaan jangka panjang bisa membuat kulit kering dan kendur.

3. Polyethylene glycol
Polyethylene glycol
[lihat.co.id] - Sering digunakan untuk produk-produk pembersih dan merupakan zat berbasis petroleum atau minyak tanah. Sebaiknya jangan terlalu sering memakai produk dengan bahan ini. Sebab, penggunaan setiap hari bisa membuat kulit menua lebih cepat.

4. Sodium lauryl sulphate (SLS) dan Sodium laureth sulphate(SLES)
Sodium lauryl sulphate (SLS) dan Sodium laureth sulphate(SLES)
[lihat.co.id] - Kedua zat ini termasuk bahan yang cukup berbahaya di dalam produk kecantikan. Kebanyakan digunakan pada conditioner untuk rambut. Bukannya mempercantik, bahan ini justru berpotensi mencegah pertumbuhan rambut sehingga memicu kerontokan. SLS juga meningkatkan risiko katarak ketika terserap kulit, meskipun tidak terkena kontak dengan mata.

5. FD & C Colour pigments
FD & C Colour pigments
[lihat.co.id] - Banyak produk shampo dan conditioner yang mengandung pewarna buatan dan sintetis, agar terlihat lebih bagus dan menarik minat pembeli. Bagi yang berkulit sensitif, dua bahan ini bisa menyebabkan iritasi, gatal, kemerahan atau perih. Beberapa bahan pewarna juga ada yang mengandung zat karsinogenik. Zat ini berpotensi mengurangi level oksigen di dalam tubuh.

6. Formaldehyde
Formaldehyde
[lihat.co.id] - Bahan kimia yang banyak terdapat pada shampo dan conditioner ini cepat terserap ke dalam kulit. Pada beberapa orang yang sensitif bisa menimbulkan reaksi alergi dan sakit kepala. Zat ini juga berpotensi melemahkan daya tahan tubuh.

Related Posts: 6 Jenis Zat Berbahaya yang terdapat dalam Produk Kecantikan

No comments: 6 Jenis Zat Berbahaya yang terdapat dalam Produk Kecantikan

Blog Archive